TELADANI NABI IBRAHIM DAN ISMAIL, SISWA MTs NEGERI SLAWI ADAKAN LATIHAN KURBAN

Slawi(2/9)- Idul Adha adalah hari besar yang diperingati oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Pada hari itu terdapat peristiwa yang agung saat Nabi Ibrahim mendapat perintah dari Allah SWT untuk menyembelih Nabi Ismail, anaknya. Peristiwa tersebut diabadikan dengan perintah Allah kepada umat Islam untuk menyembelih hewan atau berkurban.

Tahun ini Idul Adha jatuh pada hari Jumat bertepatan dengan 1 September 2017 Masehi, namun Madrasah Tsanawiyah Negeri Slawi melaksanakan qurban pada hari Sabtu, 2 September 2017. Pada hari itu masih diperbolehkan menyembelih hewan kurban karena masih termasuk hari tasyrik. Siswa MTs Negeri Slawi mengadakan latihan kurban dengan menyembelih satu ekor sapi dan kambing.

Acara penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di lapangan upacara. Acara dimulai pada pukul setengah delapan dengan acara seremonial dengan pengarahan dari Kepala MTs Negeri Slawi, Drs. Mohammad Suaedi, M.Pd. Selesai acara seremonial, dilaksanakan penyembelihan seekor kambing dengan petugas penyembelih Bapak Usman, S.Ag. selaku guru Bahasa Arab MTs Negeri Slawi. Selanjutnya dilakukan penyembelihan seekor sapi dibantu tukang jagal. Petugas yang mengiris daging, menimbang dan membungkus serta mentasyorufkan adalah pengurus dan anggota MPK OSIS MTs. Negeri Slawi.

Makna atau hikmah dilaksanakannya latihan kurban adalah agar siswa dapat meneladani sifat Nabi Ibrahim dan Ismail yang patuh dan taat kepada Allah SWT. Disamping itu, hikmah lain dari kegiatan ini adalah siswa mempunyai karakter sosial yaitu berbagi dengan sesama Merasakan tentang penderitaan sesama yang membutuhkan bantuan orang lain. Daging hewan kurban dibagikan kepada siswa yang kurang mampu.

"Tujuan pelaksanaan kurban secara umum adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Tapi pelaksanaan di MTs Negeri Slawi adalah sebagai pembelajaran untuk siswa dan untuk mempraktikkan pelajaran fikih di kelas." kata Bu Nurwaeni, S.Ag. salah seorang panitia latihan kurban di MTs Negeri Slawi. (tim)


173 Pembaca    |    0 Komentator
Share :
Tag : IDUH ADHA

Kirim Pesan Anda