Konsep 5 R dalam Menjaga Lingkungan Madrasah

Konsep  5 R sendiri berasal dari 5 kata dalam bahasa Inggris yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), recycle (mendaur ulang), replace (menggunakan kembali) dan replant (Menanam Kembali).

 Berikut ini penjelasaqn tentang konsep 5 R:

       1.      Reduce

 Reduce atau Pengurangan adalah kegiatan mengurangi pemakaian atau pola perilaku yang dapat mengurangi produksi sampah serta tidak melakukan pola konsumsi yang berlebihan. Contoh menggunakan alat-alat makan atau dapur yang tahan lama dan berkualitas sehingga memperpanjang masa pakai produk atau mengisi ulang atau refill produk yang dipakai seperti aqua galon, tinta printer serta bahan rumah tangga seperti deterjen, sabun, minyak goreng dan lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi potensi bertumpuknay sampah wadah produk di rumah Anda.

Di madrasah, kita bisa menggunakan pulpen yang bisa diisi ulang, spidol white board dengan isi ulang. Tidak memakai atau menggunakan produk yang menghasilkan banyak sampah. Selain itu, kita bisa mengurangi atau menghindari membeli barang yang sekali pakai serta hindari membeli barang yang tidak begitu diperlukan.

         2.       Reuse

 Reuse atau penggunaan kembali adalah kegiatan menggunakan kembali material atau bahan yang masih layak pakai. Sebagai contoh, kantong plastik atau kantong kertas yang umumnya didapat dari hasil kita berbelanja, sebaiknya tidak dibuang tetapi dikumpulkan untuk digunakan kembali saat dibutuhkan. Contoh lain ialah menggunakan baterai isi ulang. Kita bisa menggunakan surat elektronik atau email untuk berkirim surat. Juga daapat kita laksanakan menjual sampah yang sudah dipilah.

       3.      Recycle

 Recycle atau mendaul ulang adalah kegiatan mengolah kembali atau mendaur ulang. Pada perinsipnya, kegitan ini memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk dapat digunakan lebih lanjut. Contohnya adalah memanfaatkan dan mengolah sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos dan sampah non organik menjadi barang-barang yang berguna. Sebagai contoh, pemanfaatan botol bekas air minum menjadi vas bunga, sampah kertas diolah menjadi tempat surat, dan lain-lain.

      4.      Replace

 Replace atau Penggantian adalah kegiatan untuk mengganti pemakaian suatu barang atau memakai barang alernatif yang sifatnya lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali. Upaya ini dinilai dapat mengubah kebiasaan seseorang yang mempercepat produksi sampah. Contohnya mengubah menggunakan kontong plastik atau kertas belanjaan dengan membawa tas belanja sendiri yang terbuat dari kain. Madrasah dapat menyarankan kepada kantin madrasah untuk menggunakan bungkus makanan dengan daun pisang.

         5.      Replant

 Replant atau penamanan kembali adalah kegiatan melakukan penanaman kembali. Contohnya melakukan kegiatan kreatif seperti membuat pupuk kompos dan berkebun di pekarangan madrasah. Dengan menanam beberapa pohon, lingkungan akan menjadi indah dan asri, membantu pengaturan suhu pada tingkat lingkungan mikro (sekitar rumah atau madrasah kita), dan mengurangi kontribusi atas pemanasan global.

 Untuk melaksanakan 5R di madrasah tentu membutuhkan sarana yang banyak. Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Slawi sudah disediakan saarana dan prasarana untuk 5R yaitu tempat sampah yang terdiri dari organik dan nonorganik, penanaman pohon, green house, dan lain-lain. Dengan menerapkan konsep 5 R yang telah dibahas, kita dapat ikut serta dalam melestarikan dan memelihara lingkungan agar tidak rusak atau tercemar. Dengan lingkungan madrasah dan rumah kita yang hijau, bersih, dan indah, hidup kita menjadi lebih sehat. (warior)


47 Pembaca    |    0 Komentator
Share :
Tag : MTs Negeri Slawi

Kirim Pesan Anda