BOARDING SCHOOL

Sebagai upaya menciptakan lembaga pendidikan yang mempunyai nilai plus, sebagai kelanjutan dari program kelas full day yang sudah berjalan sejak tahun 2011/2012,  maka mulai tahun pelajaran 2016 2017 MTs Negeri Slawi mencoba menyelenggarakan pendidikan terintegrasi melalui program asrama (Boarding School). Program Asrama (Boarding School) ini adalah memberikan ruang bagi siswa untuk mendapatkan konsep pendidikan terintegrasi, sistem pembelajaran disajikan secara menyeluruh, selama 24 jam. Pendidikan reguler hanya fokus kepada pendidikan akademis saja, sedangkan asrama (Boarding School) memuat pendidikan disemua aspek, mulai dari akademik, agama, keterampilan, hingga pembinaan karakter.

Konsep pembelajaran di asrama (Boarding School) adalah semua pembelajaran dilakukan secara terintegrasi dan tidak hanya dilakukan dikelas saja. Melainkan melalui kegiatan keseharian yang dilakukan siswa diantaranya ziarah ke makam ulama kabupaten tegal dan kegiatan out bond. Dengan begitu, sekolah tidak hanya menjalankan fungsi mengajar saja, namun juga fungsi mendidik, mencetak peserta didik yang berakhlakul karimah, mampu menguasai iptek dan pengetahuan agama dengan baik serta dapat bersosialisasi dengan komunitas yang semakin global, dengan visi membentuk siswa berkarakter unggul yang mempunyai kemantapan aqidah, kedalaman spiritual, budi pekerti yang baik serta mampu menguasai iptek dan ilmu agama.

A.    TUJUAN

Tujuan diadakan program asrama (Boarding School) adalah mencetak siswa yang mempunyai kompetensi dalam hal :

    • Mempunyai keluhuran akhlak (akhlakul karimah) dan akidah yang baik sesuai syariat islam.
    • Menguasai ilmu agama dengan baik dan menerapkannya dalam kegiatan sehari hari.
    • Menguasai ilmu pengetahuan dan tehnologi dasar.
    • Mempunyai prestasi akademis yang membanggakan.
    • Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa arab dan bahasa inggris dengan lancar.
    • Memiliki keterampilan, kemandirian dan jiwa kepemimpinan yang handal.

 

B.    BENTUK PROGRAM

        Adapun program asrama (Boarding School) adalah :

    1. Konsep pendidikan terintegrasi dimana pendidikan disajikan secara menyeluruh, selama 24 jam dan tidak hanya dilakukan dikelas, namun juga melalui kegiatan keseharian yang dijalani siswa asrama.
    2. Pembinaan karakter siswa yang unggul dan Islami (kegiatan ziarah dan outbond)
    3. Pantauan pengamalan yaumiyah yang benar dan terus menerus.
    4. Bimbingan Al-Quran dan hafalan surat surat penting.
    5. Menguasai ilmu agama dengan baik dan menerapkannya dalam kegiata sehari hari.
    6. Bimbingan belajar materi mapel umum dan mapel agama.
    7. Bimbingan bahasa inggris dan bahasa arab sebagai alat komunikasi di asrama.
    8. Optimalisasi penggalian kompetensi siswa melalui extra kurikuler Madrasah yang meliputi kegiatan English Conversation, Muhadatsah, Khotbah dan Khitobah, dan Hadroh


C.    JADWAL KEGIATAN

Asrama (Boarding School) memulai kegiatan belajar pukul 06.40 s.d 15.00 mereka (siswa Boarding School) mengikuti proses kegiatan Belajar Mengajar disekolah seperti halnya kelas reguler pada umumnya. Setelah proses belajar dikelas selesai, barulah mereka melakukan kegiatan yang sudah dijadwalkan oleh pengelola asrama (Boarding School).

    1. Kegiatan Harian
    2. Keg. Mingguan


233 Pembaca    |    1 Komentator
Share :
Tag : BOARDING SCHOOL

Kirim Pesan Anda