Melatih Menulis Melalui Lomba Artikel

Slawi (15/12) Madrasah Tsanawiyah Negeri Slawi mengadakan lomba artikel dalam rangka Class Meeting yang diselenggarakan 13-14 Desember 2017 diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas. Setiap kelas mengirim perwakilan dua orang sebagai peserta.

Lomba ini bertempat di Masjid lantai bawah MTs Negeri Slawi. Diadakannya lomba ini diharapkan agar para siswa dapat menulis dan berbicara di depan umum. Dalam lomba artikel ini terdapat dua babak. Pada babak pertama para peserta diberi kesempatan untuk menuangkan pikirannya melalui tulisan. Selama satu jam nantinya mereka harus membuat sebuah artikel yang nantinya akan dipresentasikan. Aspek yang dinilai dari artikel tersebut adalah kerapian tulisan, isi atau materi yang dibahas, dan tanda baca serta ejaan yang terdapat pada tulisan. Pada babak ini diperoleh 6 peserta terbaik dari kelas 7 dan 9, sedangkan kelas 8 diperoleh 3 peserta terbaik yang nantinya akan mengikuti babak kedua pada hari Kamis 14 Desember 2017.

Setelah peserta menjalani babak pertama, mereka dihadapkan pada babak kedua. Sistem babak kedua ini, mereka harus mempresentasikan hasil artikel yang mereka buat sendiri. Aspek yang dinilai dalam babak kedua ini meliputi penguasaan materi, kepercayaan diri, suara, kelancaraan, kerjasama, dan tanya jawab. Di dalam babak ini para peserta sangat antusias untuk mempresentasikan sebaik mungkin agar nantinya mereka memperoleh juara. Di babak ini juga akan terlihat bagaimana kemampuan peserta dalam berbicara di depan umum. Setelah babak kedua ini selesai terpilihlah 3 peserta terbaik dari seluruh kelas baik kelas 7, 8 maupun kelas 9. 3 peserta tersebut ialah peserta asal IX FDS 1 menjadi juara 1 lomba artikel dengan artikelnya yang berjudul “Pentingnya Menjaga Lingkungan Hidup, peserta asal VII G menjadi juara 2 lomba artikel dengan artikelnya yang berjudul “Pentingnya Menjaga Kebersihan Yang Ada di Lingkungan, terakhir peserta asal kelas VIII FDS 3 menjadi juara 3 lomba artikel dengan artikelnya yang berjudul “Save Our Earth.

Diharapkan dengan diadakannya lomba artikel ini dapat melatih siswa dalam bidang menulis dan berbicara di depan umum. Jadi nantinya siswa dapat membaur dengan lingkungan, dapat berbicara di depan umum, dan juga dapat melatih kepercayaan diri siswa tersebut.(ran/dna/rni)


38 Pembaca    |    0 Komentator
Share :
Tag : MTs Negeri Slawi

Kirim Pesan Anda